7 Alasan Guru Perlu Memiliki Website/Blog Pribadi

Guru perlu memiliki website/blog pribadi supaya bisa mendapatkan berbagai manfaat yang diulas dalam artikel ini. Terlebih di era internet saat ini semua orang bisa berbagi informasi yang bermanfaat sehingga dari pada disimpan untuk diri sendiri mengapa tidak berbagai untuk orang lain yang membutuhkan.

Website atau blog pribadi merupakan situs yang dibuat seseorang dengan tujuan untuk membagikan informasi dan bisa diakses oleh orang lain yang membutuhkan informasi tersebut lewat internet. Umumnya isi suatu website atau blog pribadi yakni tulisan, gambar, maupun video.

Saat ini untuk membuat website sangat mudah dan terdapat berbagai tutorial di internet. Seseorang bisa membuat website atau blog secara gratis maupun berbayar. Beberapa situs pembuat blog populer diantaranya adalah blogger dan wordpress.

Namun ada baiknya bila ingin membuat website/blog, kita pilih yang berbayar supaya terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Lalu apa sih alasan guru perlu memiliki website/blog pribadi? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda

Alasan guru perlu memiliki Blog/Website pribadi

1. Membagikan materi secara online

Alasan guru perlu memiliki website/blog pribadi yang pertama yakni bisa menjadi sumber belajar siswa secara online. Lewat blog pribadi, seorang guru bisa membagikan materi-materi yang perlu dipelajari oleh siswa.

2. Memberi tugas kepada siswa secara online

Lewat blog, guru juga bisa membagikan tugas secara online pada siswa. Guru hanya perlu membagikan link dan untuk kemudian diakses oleh siswa. Dengan begitu pembelajaran menjadi lebih efektif karena bisa dilakukan dimana saja.

3. Sarana publikasi karya tulis pribadi

Alasan penting guru memiliki blog pribadi adalah bisa menjadi sarana publikasi. Tentunya seorang guru pernah atau sering membuat karya tulis baik artikel, makalah, penelitian, maupun jurnal. Nah daripada tulisan tersebut hanya disimpan sendiri. Alangkah lebih baik dibagikan dalam blog agar bisa diakses oleh banyak orang yang membutuhkan referensi.

4. Sarana mengungkapkan keresahan lewat tulisan

Blog atau website pribadi juga bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan keresahan melalui tulisan. Dengan menuliskan keresahan lewat tulisan akan membuat suasana hati lebih baik dan mengurangi beban pikiran. Namun tentunya perlu diperhatikan apa-apa saja keresahan yang bisa dan tidak bisa dibagikan.

5. Membagikan informasi bermanfaat untuk orang lain

Seorang guru lewat blognya juga bisa membagikan berbagai tips yang bermanfaat misalnya dalam menangani atau siswa sehingga bisa menjadi informasi orang lain misalnya orang tua dalam mendidik anak.

6. Bisa menjadi sumber penghasilan tambahan

Semakin banyak tulisan dalam blog atau website umumnya pengunjung juga akan semakin banyak. Apabila pengunjung sudah banyak bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mendaftar salah satu situs penyedia layanan iklan yang populer misalnya saja google adsense.

7. Bisa dikenal orang lain secara luas

Salah satu keuntungan memiliki blog atau website yang sudah terkenal adalah pemilik blog juga bisa menjadi terkenal. Apabila sudah terkenal sangat mungkin anda diundang untuk menjadi pembicara di suatu forum atau seminar.

Demikianlah alasan guru perlu memiliki Website/Blog pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi anda, terima kasih