Gladi Bersih ANBK SD Negeri Tanjung 2 Berjalan Lancar

Gladi Bersih Sesi 1

Siswa-siswi SD Negeri Tanjung 2, Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan menggelar Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), di Ruang Kelas 5.

Gladi Bersih ANBK ini, berlangsung selama 4 hari dimulai Senin 25 hingga Kamis 28 Oktober, dalam rangka menjelang ujian siswa SD di Kabupaten Pamekasan yang akan diselenggarakan pada November mendatang.

Dijelaskan, ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan yang berbasis komputer.

“Sebagai langkah-langkah persiapan pelaksanaan ANBK Kemdikbud mempersiapkan tahapan yang perlu dilakukan satuan pendidikan, diantaranya adalah simulasi dan gladi bersih ANBK 2021,” jelasnya.

Dituturkan, simulasi ANBK, yaitu semacam metode pelatihan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ANBK 2021, untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK, berupa soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Gladi Bersih Sesi 2

“Simulasi ANBK ini, juga untuk memperkenalkan peserta didik cara menggunakan perangkat komputer agar saat pelaksanaannya peserta didik dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses,” paparnya.

Drs. ACHMAD YUNUS, M.Pd menyebut, pelaksanaan simulasi ANBK 2021 sesuai surat edaran dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Dikatakan, dengan perangkat yang telah sesuai dengan standar pelaksanaan ANBK, maka SD Negeri Tanjung 2 dikategorikan sebagai satuan pendidikan dengan berstatus mandiri. Artinya mampu melaksanakan di sekolah dengan segala perangkat komputer yang dimiliki tanpa ikut serta disatukan pendidikan lainnya,” ujarnya.

"Gladi bersih bertujuan memastikan seluruh kesiapan satuan pendidikan baik tempat, alat komputer, jaringan internet, kesiapan siswa saat pelaksanaan ANBK," tuturnya.

"ANBK tidak hanya diikuti para peserta didik, tetapi juga guru. Peserta didik akan mengerjakan soal literasi dan renumerasi, serta survei karakter dan lingkungan belajar. Sedangkan guru secara khusus mengerjakan survei lingkungan belajar. Dengan keterlibatan peserta didik, guru dalam pelaksanaan ANBK diharapkan gambaran mutu dan kualitas pendidikan di SD Negeri Tanjung 2 Pademawu dapat diketahui secara akurat". (bcd)